Kamis, 30 November 2017

Penyebab Menstruasi tidak teratur

Siklus haid Anda bisa terganggu jika Anda mengubah metode kontrasepsi Anda atau Anda memiliki ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron.
Bukan tidak biasa memiliki ketidakseimbangan hormon selama beberapa tahun setelah pubertas dan sebelum menopause . Hal ini dapat menyebabkan siklus haid Anda menjadi lebih panjang atau pendek. Periode Anda mungkin juga menjadi lebih ringan atau lebih berat.
Jika periode tidak teratur Anda disebabkan oleh faktor terkait usia ini, Anda biasanya tidak perlu menemui dokter umum Anda.
Gaya hidup
Faktor gaya hidup berikut juga dapat mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan pendarahan tidak teratur:
berat badan ekstrim atau kenaikan berat badan
olahraga berlebihan
menekankan 
Kontrasepsi
Sistem intrauterine (IUS) atau  pil kontrasepsi dapat menyebabkan bercak di antara periode menstruasi.
Alat  kontrasepsi (IUD) tidak menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, namun dapat menyebabkan pendarahan berat  atau perdarahan yang menyakitkan .
Perdarahan kecil, yang dikenal sebagai perdarahan terobosan, biasa terjadi ketika pil kontrasepsi pertama kali digunakan. Mereka biasanya lebih ringan dan lebih pendek dari pada periode normal, dan biasanya berhenti dalam beberapa bulan pertama.
Sindrom ovarium polikistik
Polycystic ovary syndrome (PCOS)  terjadi ketika kista sangat kecil (kantung berisi cairan kecil) berkembang di ovarium.
Gejala biasa  PCOS adalah periode tidak teratur atau ringan atau tidak ada periode sama sekali . Ini karena, pada wanita dengan PCOS, ovulasi (pelepasan telur) mungkin tidak terjadi sesering normal.
Produksi hormon juga tidak seimbang, dan Anda bisa memiliki kadar testosteron lebih tinggi dari biasanya. Testosteron adalah hormon pria yang biasanya wanita memiliki jumlah kecil.
Masalah ginekologis
Perdarahan tidak teratur juga bisa disebabkan oleh kehamilan yang tidak disangka, keguguran dini , atau masalah dengan rahim atau ovarium. Dokter umum Anda mungkin mengarahkan Anda ke ginekolog (spesialis dalam kondisi sistem reproduksi wanita) jika diperlukan penyelidikan dan pengobatan lebih lanjut.
Gangguan tiroid
Kelainan tiroid adalah penyebab lain, namun jarang terjadi, karena periode tidak teratur. Kelenjar tiroid, ditemukan di leher, menghasilkan hormon yang menjaga metabolisme tubuh (proses kimia yang tubuh Anda gunakan untuk mengubah makanan menjadi energi). Dokter umum Anda mungkin menguji masalah tiroid dengan melakukan  tes darah untuk memeriksa kadar hormon tiroid dalam darah Anda.
Baca lebih lanjut tentang  tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dan tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme) .
Mengesampingkan kehamilan
Jika Anda memiliki menstruasi yang tidak teratur, dokter umum Anda mungkin merekomendasikan  tes kehamilan dan pemindaian ultrasound untuk menyingkirkan kemungkinan kehamilan, terutama jika Anda sedang sakit (yang bisa berarti Anda mengalami  kehamilan ektopik atau keguguran ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar